13.12.08

Metamorfosis kampus STAN


Mendengar kata metamorfosis pasti kita langsung terpikirkan dengan adanya suatu perubahan, seperti ulat yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu, begitu pula kampus STAN tercinta, sedang mengalami perubahan yang hampir menyeluruh.

Aku masih ingat dulu waktu pertama kali menginjakkan kaki di kampus STAN, sekitar bulan September 2006, aku terkaget kaget, terheran heran melihat kampus ini, bayangkan sebuah kampus milik Deartemen Keuangan yang notabene departemen yang kayak ok kampusnya kaya gini, gersang abis, rumputnya kering semua, terlihat seperti hamparan karpet coklat. Pohon pohon besar pun kering meranggas menggugurkan semua daunya ke bumi, dan kambing kambing
berkeliaran di area kampus, tanpa ada yang mempedulikan. Gedung gedung yang bertingkat, seakan kokoh tapi sebenarnya rapuh dan tak terawat, begitu mengenaskan kampus ini

Dua tahun berlalu, perubahan itu pun semakin terasa, gedung lama dipugar, dicat ulang, taman taman semakin asri, dan yang paling nyata adalah pembangunan gedung baru bertingkat 3 di sebelah lapangan A. Perlahan tapi pasti, berbagai perubahan terus terjadi di kampus STAN. Kampus yang dulunya terkesan kumuh,acak acakan, kini mulai ditata ulang kembali, perubahan besar ni seiring dengan pergantian tampuk kepemimpinan kampus STAN dari Suyono Salamun ke Kusmanadji

Berbagai perubahan dan pembangunan yang sedang dan sudah dilakukan yaitu:
1. Taman CD
Taman CD tak bisa lepas dari mahasiswa STAN, disitulah salah satu pusat berkumpulnya kegiatan kegiatan mahasiswa. Taman CD yang pada awalnya terlihat gersang, kini berubah menjadi cantik, rapi dan nyaman. Di bagian tengah terdapat air mancur dengan kolam sedalam kurang lebih 1,5 meter. Sedangkan di sekitarnya dihiasi tanaman berwarna warni yang tertata rapi, diantaranya ada tanaman yang membentuk tulisan STAN.
2. Gedung baru di sebelah Lapangan A
Sampai sekarang para pekerja masih merampungkan penyelesaian pembangunan gedung baru yang terletak di sebelah lapangan A. gedung baru ini dibangun diatas lahan seluas 3000m2 dengan luas bangunan 3500m2. Gedung baru ini berlantai tiga, lantai pertama akan digunakan sebagai kantor bidang bidang spesialisasi yang terpusat satu atap, sedangkan lantai kedua dan ketiga akan digunakan sebagai euang kuliah.
3. Gedung baru di dekat Gedung F
Selain pembangunan Gedung baru di sebelah Lapangan A, saat ini juga masih dilaksanakan pembangunan gedung baru di dekat Gedung F. gedung ini terdiri dari dua lantai dan dijadikan kantor, perpustakaan, dan ruang rapat
4. Jogging track
Jalur lingkar timur kampus STAN juga tidak luput dari pembangunan. Jalur yang lama ditutup oleh lembaga untuk mencegah arus kendaraan dari Ceger menuju Bintaro. Selanjutnya jalur ini akan dialihfungsikan menjadi jogging track.
5. Perencanaan masjid baru
Masjid kampus yang lama yaitu MBM saya rasa tempatnya sangat tidak strategis, jauh banget dari kampus. Kabar yang sedang hangat beredar yaitu akan dibangunnya masjid baru yang letaknya dekat dengan kampus, menurut informasi yang saya dapat dari anak STAPALA, Plasma atau plasa mahasiswa akan dialihfungsikan menjadi masjid, dan plasma akan dipindah ke sebelah utara Gedung C atau lebih tepatnya di area empang. Dengan terlebih dahulu menutup empang.
6. Pemasangan portal
Sekarang portal bertebaran dimana mana, dari mulai area utama kampus, plasma, gang setia kalimongso (gagal) dan rencana juga akan dipasang di gerbang sarmili. Di plasmamulai ampak pemandangan yang berbeda bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar yang berkunjung kesana, saat ini telah dipasang tiga portal yang membatasi akses kendaraan untuk masuk area plasma.
7. Pengalihfungsian Gedung B
Gedung B yang dulunya sebagai tempat untuk menyelenggarakan pertemuan-pertemuan seperti acara seminar, sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi. Rencananya Gedung B akan diubah menjadi perkantoran dosen widyaiswara. Bangunan ini sekarang sudah dikotak-kotakkan dalam struktur ruang kubus kubus.

0 comments: